Iklan

Jika anda ingin membuat Kaos sendiri, dengan desain sendiri ataupun dengan memasukan foto anda, membuat kaos couple, silahkan kunjungi situs ini : http://www.kaosgaul.in

Naruto

Senin, 27 September 2010

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris


Gak gaul kalo kita tidak jago bahasa Inggris, biar kita gaul yuk kita belajar bahasa Inggris dengan hal-hal berikut yang sangat gampang, sambil bermain dan sambil mengerjakan aktivitas lainnya. yaitu sebagai berikut :
 
Dengarkan radio berbahasa Inggris – Sekalipun kita sedang sibuk mengerjakan pekerjaan lain, kita masih tetap dapat mendengarkan radio sebagai suara latar dari aktifitas kita. Dengan cara ini, walaupun kita tidak benar-benar menyimak siaran radio tersebut, kita masih dapat terbantu dengan adanya suara, ritme dan intonasi bahasa Inggris. Secara tidak sadar, kita akan menjadi terbiasa mendengarkan intonasi dan rima penutur bahasa Inggris tersebut.
Dengarkan lagu berbahasa Inggris – Umum sekali rasanya, tapi hal ini memang sangat bermanfaat bagi kebanyakan orang. Ya, kita dapat berlatih listening dengan bantuan segudang koleksi lagu berbahasa Inggris. Coba deh, lebih fokus untuk memperhatikan lirik lagunya. Latihan yang ini akan sangat menyenangkan pastinya, karena kita dapat memilih sendiri lagu favorit yang kita akan dengarkan.
Merekam suara kita sendiri – Jika kita merasa tidak punya guru yang mampu mengoreksi kita, kita dapat merekam suara kita saat mengatakan beberapa hal dalam bahasa Inggris untuk kemudian kita periksa (dengar kembali). Hal ini akan dapat membantu kita mengecek apakah intonasi dan pengucapan yang kita lakukan sudah sesuai dengan penutur asing atau masih terdengar buruk. Tentunya paling tidak kita membutuhkan alat perekam yang sudah sangat mudah ditemukan di mana-mana.
Mengatakan apa yang sedang dikerjakan dalam bahasa Inggris – Misalnya saja kita sedang membaca buku, kita dapat bergumam kepada diri sendiri “I am reading a book. This is a novel.” Hal ini dapat membantu kita membiasakan diri kita berpikir langsung dalam bahasa Inggris tanpa perlu menerjemahkan dari bahasa Indonesia terlebih dahulu. Kita juga dapat memeriksa kosa kata sehari-hari mana yang kita lupa.
Membaca komik berbahasa Ingris – Siapa sih yang tidak kenal komik? Banyak orang mulai anak TK hingga orang dewasa menyukai komik. Jadi, komik dapat menjadi salah satu cara alternatif pilihan untuk membaca bacaan berbahasa Inggris. Komik dapat menjadi lebih mudah dimengerti karena memiliki banyak gambar/ilustrasi. Komik juga mungkin akan berisi banyak ungkapan idiomatik (bahasa lisan). Namun hati-hati dengan komik yang mengandung banyak ungkapan slang karena akan sulit kita pahami. Jadi hati-hati juga dalam memilih komik berbahasa Inggris, ya.
Membaca buku berbahasa Inggris yang sudah kita ketahui intisarinya – Kebanyakan dari kita mungkin merasa lelah membaca buku berbahasa Inggris karena penulisnya penutur asli yang sering kali memiliki kosa kata yang aneh bin ajaib dan sulit kita mengerti. Dapat dimengerti juga, kita akan merasa jenuh dan lelah jika kita sering-sering membuka kamus saat kita membaca buku berbahasa Inggris tersebut. Maka, bacalah buku berbahasa Inggris yang sudah kita pahami intisarinya, hal ini akan membuat kita lebih mudah dalam menebak kosa kata yang sulit tanpa perlu sering-sering membuka kamus atau menekan tombol di kamus elektronik. Emangnya lagi sms, tuh kamus dipencetin terus.
Menuliskan ulasan film, musik, tempat wisata atau buku – Salah satu ide lain untuk mengembangkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris adalah dengan menulis ulasan dengan memberikan kesan/pesan yang hendak kita utarakan mengenai sebuah karya atau tempat wisata. Dengan menuliskan berbagai hal dalam bahasa Inggris, siapa tahu ada bule yang nyasar membaca tulisan kita dan tertarik dengan yang kita bahas di tulisan tersebut. Senangnya!
Menulis Buku Harian – Menulis buku harian itu bukan hanya kerjaannya perempuan. Kita semua bisa menuliskan berbagai hal yang terlintas di pikiran, mulai dari kejadian-kejadian yang berkesan setiap harinya, ide-ide kita yang kadang konyol, atau curhatan kita. Menulis secara terus menerus dapat memperbaiki mutu tulisan kita dari waktu ke waktu, sangat berguna di bidang bahasa Inggrs.

0 komentar:

Posting Komentar